Doa Untuk Pasangan Pengantin Baru Yang Benar Dan Shahih

Doa Untuk Pasangan Pengantin Baru Yang Benar Dan Shahih

Dalam artikel ini akan di share tentang doa untuk pasangan pengantin, jadi apabila Anda sedang mencari informasi yang berkaitan dengan doa untuk pengantin sakinah atau tentang doa untuk pernikahan sendiri, maka sepertinya Anda sudah mendapatkan artikel yang tepat. Jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Doa pengantin adalah (pendahuluan)

Di era dimana banyak hal sekarang dilakukan dari rumah, kemudian menghindari kerumunan, jikapun harus berkerumun maka tetap harus jaga jarak. Mau tak mau hal ini turut merubah kebiasaan masyarakat.

Terutama ketika menikah. Kebiasaan masyarakat yang mengundang banyak orang untuk menghadiri pernikahan rupanya harus berhadap-hadapan dengan protokol kesehatan yang baru.

Protokol yang baru mewajibkan seseorang untuk menjaga jarak dengan orang yang lainnya, selain itu juga menerapkan pola hidup sehat serta protokol kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, sekarang tak jarang muncul acara pernikahan yang diselenggarakan dengan 2 upacara, baik secara offline maupun virtual.

Upacara secara offline, sama dengan yang dulu-dulu, hanya saja dihadiri oleh sedikit orang. Sedangkan upacara secara virtual biasanya melibatkan green screen atau blue screen untuk mengondisikannya, supaya acara pernikahan tampak seperti ramai pada umumnya.

Sebagian ulama dalam Islam sendiri ada yang berpendapat dan berpegang bahwa, pernikahan itu sebaiknya jikapun harus dilakukan dengan upacara pernikan, sebaiknya undang saja sedikit orang, yang terdiri dari keluarga dekat, sahabat dekat dan anggota keluarga yang lain.

Baca juga :

Selain daripada berbagai hal yang telah disebutkan diatas, ada hal lain yang tak kalah penting, yakni mendoakan pasangan pengantin ketika mendatangi sebuah resepsi pernikahan. Detailnya nanti kita akan bahas dibawah.

Kenapa artikel ini muncul (latar belakang)

Setiap hari di Indonesia setidaknya terjadi 5.000 pernikahan setiap hari jika diambil rata-rata, ini yang terdata di KUA, dan tentu saja dari beragam agama dan kepercayaan.

Karena Indonesia mayoritas beragama Islam, sudah sewajarnya jumlah pasangan yang menikah jumlahnya lebih banyak.

Maka tak heran, informasi seputar dunia sebelum atau sesudah menikah ini banyak dicari di internet.

Salah satunya adalah doa untuk pasangan pengantin, mengingat tidak semua umat Islam yang ada di Indonesia ini tahu tentang doa untuk pasangan mempelai.

Maka dari itu, kata doa resepsi pernikahan atau ucapan untuk pengantin baru kerap sekali muncul di pencarian Google. Dimana dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai hal tersebut dibawah.

Doa untuk pasangan pengantin

Baik, langsung saja kita ulas pembahasan utama dalam artikel ini. Berikut beberapa doa untuk pasangan pengantin yang sudah Kami kumpulkan :

1. Ketika tamu undangan menghadiri pernikahan (akad nikah) maka ada baiknya mendoakan seperti ini “Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.” yang artinya : mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan;

2. Lalu doa lainnya juga yang dapat dipanjatkan ketika menghadiri pernikahan adalah, dimana doa ini bisa dipanjatkan ketika bersalaman dengan pengantin pria, doa tersebut berbunyi “Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.” yang berarti : Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah;

Nah itu tadi 2 doa yang bisa dipanjatkan untuk mendoakan kedua mempelai pengantin ketika sedang menghadiri akad nikah atau tasyakuran.

Doa seputar pengantin dan pernikahan

Diatas kita sudah menyimak bersama tentang doa untuk pasangan pengantin ketika menghadiri akad nikah, lantas kemudian mungkin Anda juga kemudian bertanya, "apakah ada doa lainnya yang juga berkaitan dengan pernikahan?"

Jawabannya adalah ada, berikut beberapa diantaranya :

1. Setelah proses akad nikah selesai, maka suami bisa berdoa seperti ini “Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.” yang mempunyai arti : ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya;

2. Doa selanjutnya adalah, doa sebelum melakukan hubungan suami istri, "Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.” yang mempunyai arti : Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Selain kedua doa tersebut, masih banyak doa lainnya yang bisa dilakukan.

Untuk memperdalam artikel ini, kita akan kupas juga mengenai beberapa adab seorang muslim ataupun muslimah ketika datang dalam sebuah acara pernikahan, baik akad nikah, atau pun tasyakuran.


Berikut adab ketika menghadiri pernikahan atau walimatul urs, diantaranya adalah :

1. Adab yang pertama adalah memenuhi undangan walimatul urs atau tasyakuran yang digelar oleh mempelai pengantin;

2. Selanjutnya, niat untuk mengamalkan sunah ketika memutuskan untuk datang dan menghadiri pernikahan, agar apa yang dilakukan bisa menjadi pahala dan kebaikan buat kita;

3. Adab berikutnya, ketika menerima undangan pernikahan, maka jangan membeda bedakan datangnya undangan dari mana, apakah datang dari orang kaya atau orang miskin, yang penting datang saja;

4. Kemudian, untuk para tamu undangan boleh makan sampai kenyang, yang penting jangan sampai makan terlalu kekenyangan atau over, ini tidak boleh. Apabila datang, kemudian tidak makan sampai kenyang pun tidak masalah;

5. Ada lainnya adalah, tidak datang pada undangan yang mengandung maksiat seperti, namun pada beberapa kesempatan ini bisa saja dilakukan, dengan mempertimbangkan faktor perdamaian dan beberapa faktor lainnya sesuai yang di syari'atkan;

6. Adab berikutnya yang patut diperhatikan adalah tidak boleh membawa suguhan diatas meja untuk dibawa pulang, jadi makanlah suguhan yang tersedia di tempat. Misalnya kemudian nanti dibawakan oleh-oleh dari sohibul bait, maka itu beda cerita lagi;

7. Ketika hendak menyantap hidangan lafalkan Basmallah jangan sampai lupa, agar yang dimakan bisa jadi berkah dan baik;

8. Adab selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika hendak mendatangi walimatul urs adalah jangan membawa orang lain yang tidak diundang, pastikan bahwa yang Anda ajak adalah undangan saja;

9. Selanjutnya, silahkan makan makanan yang disuguhkan dari pinggir bukan dari tengah;

Nah itu tadi berbagai adab yang patut diperhatikan ketika hendak mendatangi walimatul urs, kesembilan poin diatas adalah beberapa saja diantara adab yang ada ketika hendak memenuhi undangan pernikahan.

Sudah banyak hal yang kita bahas seputar doa untuk pasangan pengantin ini, jika Anda merasa artikel ini bagus, jangan sungkan untuk membagikannya ke grup sosial media yang diikuti, seperti Facebook dan Whatsapp atau sosial media yang lainnya.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai doa untuk pasangan pengantin ini, semoga setelah membaca tulisan diatas ada manfaat yang dapat kita ambil, amin. Akhirnya sampai pada penghujung artikel juga, demikian, sampai jumpa diartikel yang lainnya. Wallahu a’lam bi shawab.