HADITS RASULULLAH TENTANG LARANGAN MENYIKSA BINATANG!

HADITS RASULULLAH TENTANG LARANGAN MENYIKSA BINATANG!

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam Bersabda,

 "Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati. Karena itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala memasukkannya ke neraka. Kucing itu dikurungnya tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat menangkap serangga-serangga bumi." (Hadits Shahih Muslim No. 4160) . 

Dalam hadits ini Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam menceritakan seorang wanita yang menyiksa seekor kucing, tidak saja mengurungnya namun juga tidak memberinya makan dan minum, bahkan dia juga tidak melepaskannya sehingga kucing tersebut bisa mencari makanannya sendiri. Perbuatan yang buruk ini menyebabkan wanita tersebut kelak akan masuk neraka. . 

Baca juga :

Dalam hadits ini juga ada isyarat Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam untuk memperlakukan hewan dengan baik dan tidak boleh menyiksanya. 

Barangsiapa menyakiti atau menyiksa seekor binatang tanpa sebab tertentu yang dibenarkan syariat, apalagi sampai membunuhnya, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala pasti akan memberikan balasan yang setimpal di akhirat kelak. 

Kalaupun binatang tersebut diduga kuat sangat membahayakan, maka ia boleh dibunuh tanpa harus menyiksanya. 

Di sinilah salah satu letak kemuliaan agama Islam. Kepada binatang saja kita diwajibkan untuk berlaku baik. Menyiksa binatang saja berdosa, apalagi menyiksa sesama manusia. Demikian banyak orang yang dengan mudahnya “menghilangkan” nyawa orang lain dengan cara yang tidak dibenarkan. Padahal, di dunia hukumannya amat berat dan di akhirat tentunya lebih berat lagi. 

Barakallahu Fiikum

✒ @Yunsriway