Jangan Berharap Pada Manusia, Berharap Hanya Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Jangan Berharap Pada Manusia, Berharap Hanya Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Tidak semua kebaikanmu

Akan dibalas dan diapresiasi oleh manusia

Manusia cepat lupa dan melupakan

Manusia juga mudah sekali berubah hati dan pikirannya.

Jika kita berharap pada manusia pun tidak selamanya berbalas dengan kebahagiaan. Tidak jarang justru malah berakhir dengan kekecewaan yang akhirnya hanya menyisakan rasa perih serta kesedihan yang mendalam.

Jika kita mau berpikir dan mencari penyebab kekecewaan itu pastilah kita akan tahu jawabannya. Bisa jadi karena kita terlalu menggantungkan harapan itu kepada seseorang dengan tidak melibatkan sang pemilik cinta yaitu Allah Rabbul Izzati. 

Baca juga :

"Ketika hatimu terlalu berharap pada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya pengharapan supaya mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui orang yang berharap pada selain-Nya, Allah menghalangi dari perkara tersebut semata agar ia kembali berharap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala." (Imam Syafi'i). 

Jadi, Berharap penuhlah pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang Maha segalanya di dunia ini, maka pastikan kita tak pernah meninggalkan-Nya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang Maha bijaksana dalam menyelesaikan suatu urusan, maka pastikan kita tidak jauh-jauh dari-Nya. 

Barakallahu Fiikum

✒ @Yunsriway